Minggu, 28 April 2013

CERPEN: Malam Terang Bulan

Catatan:
Cerpen ini diambil dari antologi tunggal pertama bernuansa Betawi karya CGR, "Sebelas Colen di Malam Lebaran" (Masup Jakarta, Oktober 2008)

1941
DI masa kecilnya ia memang pernah mendengar cerita dari ayahnya tentang seorang lelaki dari kampung mereka yang katanya hidup sezaman dengan Pi Tung[1], hanya saja lebih muda beberapa tahun. Sang ayah lepas sholat Ashar sering menceritakannya kisah-kisah para jawara[2] di teras musholla kayu di pinggir kali dekat kampung atau saat duduk-duduk di depan rumah sambil menikmati angin malam usai melatihnya pencak silat. Layaknya Pi Tung yang berkali-kali membuat kompeni kewalahan dan kocar-kacir, Nasan pun memiliki keahlian serupa meski guru mereka berbeda: Kebal dan dapat menghilang.
            “Orangnyah pegimanah[3], Ba[4]?”
            “Badannyah gede banget kagak, tinggi banget juga kagak. Sedeng ajah, tapi keliatan gagah. Seterek[5], sembabad ama tongkrongannyah. Kulitnyah sao mateng, rambutnyah ikel pendek, terusnyah diah kagak meliara kumis atawa cambang kaya’ jagoan-jagoan waktu ituh. Diah biasa make kaos oblong putih nyang di luarnyah ada kemeja item lengen tanggung nyang kagak diah kancingin, celana pangsi[6] item, sendal ban item, ama caping[7] nyang nutupin ampir setengah mukanyah. Kaen sarung cokelat kotak-kotak diah lilitin di pinggang, golok diah selipin di seblah kere. Babeh kendiri waktu kecil pernah ngelietnyah.”
Nasan mulanya petani yang menjadi palang dada[8] di kampungnya bersama dua-tiga orang temannya yang mahir maen pukulan. Ia begitu disegani. Dan lantaran muak dengan kelakuan para tuan tanah dan juragan yang makin hari tak kalah kejam dengan kompeni, Nasan pun mulai bergerak membuat mereka sulit tidur. Nasan orangnya pendiam dan tak mudah mencabut golok. Tapi bila ada begal, rampok atau centeng tuan tanah dan kaki-tangan juragan yang menjual lagak, ia pun tak ragu membeli.
Namun Nasan pernah pula kabur ke Kulon ketika mendengar kabar Pi Tung mati digantung oleh kompeni.[9] Ia tak ingin mati konyol lantaran tahu banyak juga orang yang membencinya dan siap memberitahu kompeni tentang hari sial dan peluntur ilmu kebalnya—setelah menghitung-hitung dan mencari tahu tentunya.
           
1952
MALAM Jum’at, lepas Isya, setelah mengisi perut di rumah dan memberitahu orangtua dan isterinya, Saobih kembali mendatangi musholla kayu di pinggir kali dekat jembatan bambu, ngaji untuk almarhum para buyut dan kakek-nenek dari ayah dan ibunya. Namun ia kembali mengambil wudhu lantaran angin di dalam perutnya, tadi di tikungan jalan, mendesak keluar. Membatalkan wudhu-nya. Ia membuka kain sarung dan peci. Matanya sempat melihat sawah milik ayahnya yang hanya berjarak 100 meter di kanan.
Ia menuruni anak tangga kayu musholla, berjalan di batu-batu dan duduk berjongkok di batu besar landai di pinggir kali.
Ia mulai membasahi telapak tangannya.
Di langit, rembulan bersinar penuh. Bulat besar.
    
1893
DI malam Jum’at terang bulan ia terpojok dari kejaran oppas[10], Nasan yang bisa menghilang itu pun benar-benar membuktikan kemampuannya. Enam belas orang oppas yang mengepungnya, dibuat merinding lantaran Nasan menghilang di balik sebatang pohon kelapa di pinggir lapangan dekat pekuburan. Puluhan peluru yang dilepas sebelumnya tak mampu menembus kulitnya. Ia dikejar lantaran empat malam kemarin membacok hingga mati Mat Sanih, centeng di rumah tuan tanah Sarta yang didatanginya dari atap.
Wedana Districten Kebayoran sesungguhnya tahu Nasan berilmu tinggi. Namun demi dirinya tak dipecat Resident Von Schmidt[11] dan 50 keping ukon[12] yang akan diterimanya dari tuan tanah Sarta—kepada Bupati Regentschap Meester Cornelis[13] yang ia katakan lantaran ingin menjaga harga diri kompeni—keesokan paginya ia menghadap Tuan Komisaris Besar Polisi dan meminta sebanyak mungkin oppas diturunkan untuk melakukan pencarian besar-besaran terhadap Nasan. “Diah ituh penjahat besar, Tuan. Begal, maling, tukang rampok, tukang bunuh, tukang culik anak perawan orang. Sayah kagak rela pala kompeni diinjek-injek beginih.”
Oppas-oppas pilihan pun dikirim—setengah  jumlahnya ketakutan dan setengahnya lagi penasaran. Kampung-kampung didatangi; rumah-rumah digeledah, terutama rumah orangtua Nasan dan sanak-saudaranya di Kampung Kandang; orang-orang dikumpulkan di tanah lapang dan dipaksa menjawab. Bila menggeleng atau menjawab “tidak tahu”, popor senjata langsung mendarat di pipi dan dada. Tak sedikit yang termakan rayuan kompeni lantaran iming-iming hadiah 100 gulden bila berhasil memberitahu keberadaan Nasan. Bahkan 500 gulden bila berhasil menangkap.
Namun hingga berhari-hari Nasan tak juga ditemukan dan kompeni menjadi semakin marah. Dan semua orang di kampung-kampung tempat Nasan biasa terlihat, termasuk kampung tempat ia lahir dan orangtua serta sanak-saudaranya masih tinggal di sana, tak pernah ada lagi yang melihatnya. Bahkan semua orang di Betawi.
Keberadaan Nasan pun kian lama hanya menjadi pembicaraan di teras rumah dan warung kopi, di pinggir kali sambil mencuci dan memancing, di teras musholla lepas sholat, di kebun dan sawah. Terlebih setelah orang pinter dari Palmerah menghadap Tuan Komisaris Besar Polisi atas permintaan Senan, ayah Nasan. “Nasan ilang dibawa orang alus, Tuan. Diah dibawa ke kerajaan jin. Jadi percumah ajah kompeni susah-payah nyari-nyari diah. Cuman bakalan buang-buang waktu ama tenaga. Lagian kesianan rakyat nyang pada kena seksa, Tuan.”
“Apa benar begitu, Babeh Uwak?”
“Sayah, Tuan. Sebenernyah mah diah masing ada di kampungnyah. Di kebon-kebon kosong ama bulakan[14]. Tapi lantaran diah adanyah di alam goib, jadi mata kasar kagak bisa ngeliatnyah. Sayah kendiri kagak berani ngejemput diah lantaran takut jin-jin pada marah. Sebab entinyah rakyat juga nyang bakal cilaka. Semuah bisa pada sakit sampe mati, Tuan.”
“Babeh Uwak tidak bohong?”
“Kagak, Tuan. Lagian kalo Nasan mati lantaran bekelai atawa dimakan binatang, tengtu bangkenyah atawa bekasannyah bakalan sayah temuin, Tuan.”
“Apa benar begitu, Babeh Uwak?”
“Sayah, Tuan.  Sayah yakin bener diah kagak bakalan mati dimakan binatang. Sebab setau sayah macan ama ula segede pu’un kelapa ajah pernah diah tebas sampe mati ngejoprak.”
“Lantaran apa Nasan dibawa jin?”
“Diah bakal dikawinin ama jin perempuan, anak dari jin penunggu kampungnyah, Tuan.”
“Jin ada laki-laki dan perempuan?”
“Dalem agama sayah dikatah begituh, Tuan. Jin punya anak punya cucu juga kaya’ menusia.”
“Ya, ya, terserah apa kata agama Babeh Uwak.” Tuan Komisaris Besar Polisi Abraham van der Berg meletakkan kedua telapak tangannya ke meja, “Tapi Babeh Uwak harus ingat, kalau Babeh Uwak bicara ini supaya Nasan bisa bebas dari kejaran kompeni atas permintaan Senan bapaknya, maka kepala Babeh Uwak akan kompeni copot dari tempatnya. Babeh Uwak tidak punya ilmu kebal dan menghilang macam Nasan, bukan?”
“Sayah, Tuan.”
Kata orang-orang kemudian, lantaran bekerja sama dengan bangsa jin, Nasan pun harus bersedia memenuhi permintaan mereka. Mengenai Nasan bukan orang jahat, bangsa jin tidak mau tahu karena mereka hanya tahu Nasan sudah sering dibantu. Namun, orang pintar dari Palmerah bernama Wak Majar itu mengatakan—termasuk Haji Syahroni bin Haji Marjuki yang disegani di Kampung Kandang—sesungguhnya Nasan hanya bertapa dan tidak melakukan perjanjian apa pun. Ia mendapatkan kemampuan ilmu kebal dan menghilang melalui puasa 40 hari 40 malam dan amalan-amalan lain. Ia dibawa orang halus karena jin perempuan dari anak jin penunggu kampung mereka memang menginginkan Nasan menjadi suaminya.
Hingga setahun setelah malam Jum’at itu, Nasan tak juga kelihatan batang-hidungnya. Kompeni pun sudah hilang keinginannya memburu.

1972
TUJUH puluh sembilan tahun setelah hilangnya, cerita mengenai sepak terjang Nasan yang berkali-kali membuat kompeni Belanda kewalahan dan kocar-kacir—berikut malam menghilangnya—masih  sering disampaikan orang-orang tua Kampung Kandang kepada anak-cucunya, “Bukan cuman Pi Tung atawa Jampang nyang jadi musuh kompeni ama dianggep tukang ngebelain rakyat. Bukan cuman Haji Entong Gendut[15] atawa Kalin Bapak Kayah[16] doangan.”
Malam ini Saobih pun bercerita tentang Nasan kepada anak-anak kecil tetangganya saat duduk-duduk di depan rumah sambil menikmati angin usai melatih pencak silat. Mereka bersila di tanah. Ketika seorang anak bertanya tentang bagaimana rupa Nasan, Saobih pun mengingat-ingat kata-kata ayahnya. “Badannyah gede banget kagak, tinggi banget juga kagak, sedeng ajah, tapi keliatan gagah. Seterek, sembabad ama tongkrongannyah. Kulitnyah sao mateng, rambutnyah ikel pendek, terusnyah diah kagak meliara kumis atawa cambang kaya’ jagoan-jagoan waktu ituh. Diah biasa make kaos oblong putih nyang di luarnyah ada kemeja item lengen tanggung nyang kagak diah kancingin, celana pangsi item, sendal ban item, ama caping nyang nutupin ampir setengah mukanyah. Kaen sarung cokelat kotak-kotak diah lilitin di pinggang, golok diah selipin di seblah kere. Engkong Kasim kendiri waktu kecil pernah ngelietnyah.”

1978
MALAM Jum’at, lepas Isya, setelah mengisi perut di rumah dan memberitahu isteri dan anaknya, seperti biasa Saobih kembali mendatangi  musholla kayu di pinggir kali dekat jembatan bambu, mengaji dan sholat malam untuk almarhum para buyut, keempat kakek dan neneknya dan kedua orangtuanya. Tengah  malam ia kembali mengambil wudhu lantaran angin di dalam perutnya mendesak keluar. Membatalkan wudhu-nya. Ia membuka kain sarung dan peci. Matanya sempat melihat sawah dan kebun mentimun miliknya yang hanya berjarak 100 meter di kanan dan 125 meter di kiri.
Ia menuruni anak tangga kayu musholla, berjalan di batu-batu dan duduk berjongkok di batu besar landai di pinggir kali.
Ia mulai membasahi telapak tangannya.
Di langit, rembulan bersinar penuh. Bulat besar.
Ia kembali berdiri, berjalan di batu-batu dan menaiki anak tangga kayu musholla. Tangannya meraih peci hitam dan sarung biru kotak-kotak yang diletakkannya di jendela. Ketika matanya tak sengaja bergerak ke arah kali, Saobih pun menahan napas dan mengucapkan istighfar[17]. Ia membaca Ayat Kursi[18].
Di bawah sinar rembulan, seorang lelaki bersidekap di atas getek bambu yang berjalan ke arah selatan, padahal air mengalir ke utara. Tak dikayuh dan tak ada yang mengayuh. Matanya memandang lurus ke depan. Badannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu tinggi. Sedang saja, tapi kelihatan gagah. Kulitnya sawo matang, rambutnya ikal pendek dan dia tidak berkumis-bercambang. Dia mengenakan kaos oblong putih dengan kemeja hitam lengan seperempat yang tidak dikancingkan, celananya pangsi warna hitam, sandal ban hitam dan caping yang menutupi hampir setengah wajahnya. Kain sarung cokelat kotak-kotak dia lilitkan di pinggang, golok terselip di sebelah kirinya.
Nasan!
Sinar rembulan menyelinap di sela-sela daun bambu. Daun bambu bergesekan digoyang angin. Angin bergerak ke utara menyebar dingin. Dingin yang semakin hanya ditahan sarung kain.
Bunyi air kali mengalir terdengar sampai ke kampung.  

Bumi Allah, 070705
:1978



[1] Orang terbiasa menuliskannya dengan “Pitung”.
[2] Pendekar, jagoan.
[3] Bahasa Betawi dengan sub dialek Betawi Pinggir (disebut juga Betawi Ora). Digunakan di daerah-daerah pinggiran selatan, barat dan timur Jakarta, sebagian Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Pengaruh Sunda terasa pada kata berakhiran “a” yang menjadi “ah” (namun tidak semua kata), serta penggunaan kata-kata seperti pisan, mah atau dahar. Sedangkan pengaruh Jawa terasa pada penggunaan kata bocah, lanang, wadon, bae atau ora untuk tidak—selain kagak
[4] Dari “baba” (biasa digunakan juga “aba” atau “babah”), penyebutan dan panggilan untuk ayah kandung dalam bahasa Betawi dengan sub-dialek Betawi Pinggir (Betawi Ora). Dalam bahasa Betawi dengan sub-dialek Betawi Tengah (Betawi Kota) menjadi “babe” atau “babeh”.
[5] Kuat, dari “sterk” (Belanda).
[6] Celana panjang berpipa besar berukuran tujuh per delapan (di atas mata kaki), berwarna hitam.
[7] Topi lebar berbentuk kerucut dari bahan anyaman bambu.
[8] Penghalang masuknya orang luar yang memiliki maksud jahat dan mengganggu keamanan kampung.
[9] Kabar angin ini akhirnya terjadi tahun 1896. Kulon adalah sebutan orang Betawi untuk Banten.
[10] Polisi pada zaman Hindia Belanda. Umumnya berdarah Ambon atau Batak, namun ada juga peranakan Belanda.
[11] J.G.O.S von Schmidt auf Altenstadt, diangkat menjadi residen pada 5 September 1892 di masa pemerintahan Gubernur Jenderal Cornelis Pijnacker Hordijk (1888–1893). Waktu itu karesidenan di Batavia dibagi dalam tiga regentschap (kabupaten): Batavia, Meester Cornelis dan Buitenzorg.
[12] Jenis pecahan mata uang di zaman Hindia Belanda. Nilainya 1000 sen atau sama dengan 10 gulden, terbuat dari emas.
[13] Pada waktu itu Regentschap Meester Cornelis terbagi dalam empat districten (kawedanan): Kebajoran, Meester Cornelis, Bekasi dan Tjikarang.
[14] Tanah lapang luas, biasanya ditumbuhi rumput atau alang-alang.
[15] Pemimpin pemberontakan petani Condet (1916).
[16] Pemimpin pemberontakan atas pungutan-pungutan yang memberatkan rakyat Tangerang (1924).
[17] Kalimat yang diucapkan seorang muslim dalam keadaan terkejut atau memohon ampun kepada Allah—dalam wujud kalimat “astaghfirullah-hal-adzim” (Semoga Allah mengampuniku).
[18] Ayat ke-255 dari Al-Baqarah, surat kedua dalam Al-Qur’an. Berisi tentang kekuasaan dan keesaan Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar